Cegah Siswa Berkumpul di Sekolah Pengumuman Kelulusan Dilakukan Online

MELAWI.SMANSA NEWS – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Barat, Suprianus Herman mengatakan, pengumuman kelulusan tingkat SMA/MA/SMK akan dilakukan secara online. Hal ini dilakukan untuk mencegah murid berkumpul di sekolah dan mengurangi potensi penyebaran virus Corona (Covid-19).

Dia menjelaskan, pengumuman kelulusan yang semula akan diumumkan pada 6 Mei 2020, dimajukan menjadi 2 Mei 2020. Saat ini proses penilaian bagi siswa/i kelas XII sudah dilakukan oleh guru-guru di masing-masing sekolah dan memasuki tahap akhir penilaian.

"Pengumuman kelulusan untuk kelas dua belas dilakukan pada tanggal 2 Mei 2020. Kemudian pengumuman menggunakan online bersifat rahasia. Proses penilaian mereka sudah masuk tahap akhir semua," jelas Suprianus kepada Suara Pemred, Senin (27/4).

Menurut Suprianus,  di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini, proses pengumuman kelulusan siswa tidak mungkin dilakukan seperti tahun sebelumnya. Sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19, sekolah dilarang mengumpulkan murid atau membuat kerumunan massa dalam satu lokasi.

“Untuk itu pengumuman kelulusan harus dilakukan secara online,” katanya.

Pihaknya sendiri sudah menyampaikan secara tertulis kepada dinas terkait di kabupaten/kota, kepala sekolah sampai dengan pihak kepolisian mengenai hal ini. Kemudian untuk metode pengumuman diserahkan kepada masing-masing sekolah, apakah menggunakan website, aplikasi atau lainnya.

"Sekarang sudah matang, pengumuman dari pihak sekolah rata-rata sore. Menggunakan online itu ada yang menggunakan website atau aplikasi yang dibuat sekolah itu sendiri," jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga sudah mengeluarkan edaran terkait penetapan jadwal pengumuman kelulusan peserta didik pada SMA/SMK/SLB negeri dan swasta. Edaran itu dikeluarkan tanggal 21 April 2020 yang ditujukan Kepala SMA/SMK dan SLB se-Kalimantan Barat.

Ada empat point disebutkan dalam edaran itu. Pertama pengumuman kelulusan peserta didik pada satuan pendidikan SMA/SMK/SLB negeri dan swasta dilakukan, pada Sabtu 2 Mei 2020.

Kedua pengumuman kelulusan tidak diperkenankan dilaksanakan di area sekolah dengan menempelkan pengumuman di papan pengumuman sekolah.

Ketiga pengumuman dilaksanakan secara daring dan bersifat rahasia (bukan kolektif) melalui aplikasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Barat, splikasi yang dibuat sekolah, WA, Email, SMS dan lain-lain.

Ke empat kepada seluruh kepala sekolah agar melarang siswanya yang ingin merayakan kelulusan dengan kegiatan yang bersifat keramaian atau mengumpulkan siswa, seperti konvoi di jalan, coret mencoret pakaian, perpisahan dan lain-lain.

Sebagaimana diketahui, Ujian Nasional (UN) tahun 2020 tidak dilaksanakan. Sehingga untuk menentukan kelulusan berdasarkan nilai lima semester terakhir. Kemudian sekolah juga dapat menggunakan nilai semester genap kelas 9 dan kelas 12 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

Walaupun UN dihapus, namun SMA/MA sempat melaksanakan Ujian Sekolah dan Ujian Praktik. Bahkan SMK juga sempat menyelenggarakan Ujian Nasional.

"Ujian Sekolah sudah diadakan masing-masing sekolah. Sebelum Ujian Nasional itu kan ada Ujian Sekolah, itu sudah dilaksanakan semua sebelum libur Covid-19. SMK itu sudah ujian praktik pada saat belum libur dan SMK juga udah ujian nasional kemarin. Kalau SMA mereka belum mulai, tapi pada saat dirumahkan, mereka SMA itu langsung ujian sekolah sekolah. Jadi udah jalan semua," kata dia.

"Nilai Ujian Sekolah dan Ujian Praktik juga Untuk nambah nilai rata-rata semester 1 dan 5 kemudian di kombinasikan dengan semester 6. Jadi kombinasi semua nilai dari semester 1 sampai akhir, disitulah dapat nilai raport dan nilai kelulusan," tambahnya.

Dia menegaskan bahwa pihaknya terus melakukan monitoring online. Disdikbud Kalbar juga bekerjasama dengan PT Telkomsel membuat aplikasi Si Cerdas. Saat seperti ini semua pihak harus kreatif dan inovatif, tidak bisa hanya dengan menunggu.

"Sekolah kita bebaskan mereka, ada beberapa sekolah yang buat aplikasi tersendiri. Kalau bagi mereka mempermudah, kami persilahkan dengan berbagai cara. Bisa juga pakai grup WhatsApp atau metode yang sederhana sekali. Karena memang kondisi seperti ini kita harus inovatif, karena kita harus jalan terus," tutupnya. (Fransiskus Andut,S.Pd)

Ini Persyaratan PPDB SMA 2020

posterBerikut jalur Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun 2020 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat serta Penjelasannya

Jalur pendaftaran Jenjang SMA :

1. Jalur ZONASI (50%)

- Diperuntukkan bagi yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang ditetapkan Pemerintah Daerah.

- Termasuk kuota bagi anak penyandang disabilitas.

- Domisili berdasarkan alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 tahun sampai dengan tanggal pendaftaran PPDB.

- Kartu keluarga dapat diganti dengan surat keterangan domisili dari RT/RW yang dilegalisir oleh lurah/kepala desa atau pejabat setempat lain yang berwenang bahwa peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili paling singkat 1 tahun sampai dengan diterbitkannya surat keterangan domisili

- Memprioritaskan yang memiliki KK atau surat keterangan domisili dalam satu wilayah kabupaten/kota yang sama dengan Sekolah asal

2. Jalur AFIRMASI (15%)

    - Diperuntukkan bagi peserta didik dari keluarga ekonomi tidak mampu.

    - Dibuktikan dengan bukti keikutsertaan peserta didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.

    - Merupakan peserta didik yang berdomisili di dalam dan di luar wilayah zonasi Sekolah yang bersangkutan.

3. Jalur Perpindahan OrangTua / Wali (5%)

    - Dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.

    - Dapat digunakan untuk anak guru.

4. Jalur PRESTASI (30%)

    - Ditentukan berdasarkan :

        a. Nilai raport mapel UN (Bahasa Indoensia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris) dan/atau

        b. hasil perlombaan dan/atau penghargaan di bidang akademik maupun nonakademik pada tingkat internasional, tingkat nasional, tingkat provinsi, dan/atau tingkat                          kabupaten/kota.

    - Bukti prestasi diterbitkan paling singkat 6 bulan dan paling lama 3 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB.

    - Tidak berlaku untuk jalur pendaftaran calon peserta didik baru pada TK dan kelas 1 SD.

 

Jalur Pendaftaran Jenjang SMK :

Untuk SMK tidak menggunakan ZONASI

1. Jalur REGULER dengan ketentuan

      - Nilai raport mapel UN (Bahasa Indoensia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris).

      - Tes penjurusan (Bakat Minat)

2. Jalur AFIRMASI (15%)

Sumber : https://dikbud.kalbarprov.go.id/berita/view/11

PPDB SMA NEGERI 1 NANGA PINOH 2020 BERBASIS ONLINE DAN ZONASI

Ketentuan PPDB 2020

Adapun PPDB 2020 dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Dinas Pendidikan dan sekolah diminta menyiapkan mekanisme PPDB yang mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, termasuk mencegah berkumpulnya siswa dan orangtua secara fisik di sekolah.

2. PPDB pada Jalur Prestasi dilaksanakan berdasarkan:

Untuk KALIMANTAN BARAT

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA SMK Provinsi Kalimantan Barat tahun 2020. 

Pendaftaran Jenjang SMA / SMA cukup dari rumah saja, tidak perlu datang ke sekolah tujuan

berikut jadwal kegiatan PPDB 2020,

Jika ada perubahan terkait kebijakan pemerintah dalam menyikapi COVID19 akan kami informasikan kemudian

1. Pra Registrasi 2 s.d 13 Juni 2020

2. Registrasi 22 s.d 25 Juni 2020

3. Pengumuman Hasil Registrasi 26 Juni 2020

4. Tes Penjurusan secara Online (SMK) 27 s.d 28 Juni 2020

5. Pengumuman pemenuhan pagu 6 Juli 2020

6. Daftar Pemenuhan pagu 7 s.d 9 Juli 2020

7. Pengumuman Final 10 Juli 2020

 

Berikut penjelasan :

- Pra Registrasi adalah pendaftar membuat akun pada aplikasi PPDB dan memastikan NISN, Nama, Alamat dan NIK sesuai dengan KK sehingga saat pendaftar sudah membuat akun akan dilakukan pengukuran jarak oleh sistem. jika pendaftar mengalami kesulitan dalam pendaftaran atau ada data yang tidak sesuai bisa menghubungi operator PPDB sekolah tujuan pendaftaran

- Setelah semua data Valid atau sesuai. NISN, Nama, Alamat, maka pendaftar bisa melakukan registrasi / mendaftar pada jadwal yg sudah di tentukan

 

Catatan: 

- Data pendaftar ada pada sistem PPDB saat pra registrasi untuk sekolah di bawah kemdikbud jika sekolah Satuan Pendidikan jenjang SMP sudah melakukan sinkron dapodik ke provinsi menggunakan Aplikasi Dapodik Provinsi Kalimantan Barat

- Jika data pendaftar tidak ada pada sistem maka pendaftar akan diarahkan mengisi form pra registrasi pada aplikasi PPDB

 

Himbauan Sinkron dapodik jenjang SMP

Kepada Operator dapodik jenjang SMP Negeri maupun Swasta, mohon melakukan sinkron dapodik ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, supaya siswa SMP yang akan tamat lebih mudah saat pra pendaftaran dan pendaftaran jenjang SMA /  SMK.

Aplikasi dapodik provinsi di jalankan pada komputer atau laptop yg terinstall aplikasi DAPODIKMEN

Tata cara sinkron dan Download Aplikasi Sinkron dapodik Provinsi pada link berikut

https://profile.dikbudkalbar.center

 

silakan klik tombol download pada laman web di atas

 

Spanduk dan Banner bisa di download di link berkiut :

 

Sumber:Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Barat

PERESMIAN DRUM BAND "NADA JUANG BAHANA"

Menyadari potensi penggalian dan analisis Big Data untuk meningkatkan  pengembangan keputusan kebijakan untuk kesehatan, pendidikan dan perencanaan kota, Pemerintah Indonesia mengirimkan 25 manajer tingkat senior dan menengah ke University South Australia untuk mengikuti studi Graduate Certificate untuk Ilmu data (Evaluasi Kebijakan dan Pembangunan).

Continue Reading

Alumni SMA Negeri 1 Jadi Duta Pariwisata Melawi 2019

Ratu Maura Aqila (19) jadi ratu semalam usai dinobatkan dewan juri sebagai Puteri Pariwisata Indonesia Kabupaten Melawi tahun 2019.

Putri ini adalah merupakan Putri pertama dari pasangan Ismi Susianto dan Dameyanti almarhumah itu berhasil mengungguli 15 finalis lainnya di fase grand final pemilihan Putri Pariwisata Indonesia tingkat kabupaten yang dihelat di Pendopo Bupati Melawi, Sabtu malam (21/07/19).

Ratu Maura Aqila terbilang sebagai gadis yang aktif dan berprestasi. Di Kabupaten Melawi, dia kerap menyabet juara pada berbagai ajang kompetisi bergengsi. Termasuk di ajang bergengsi tingkat provinsi di Kalimantan Barat.

Alumni SMA Negeri 1 Nanga Pinoh ini sebelumnya ternyata telah menyabet gelar Dara Gawai Dayak Melawi tahun 2016, Dan setelah itu dia dipercayai mewakili Melawi pada lomba Story Telling ditingkat Provinsi Kalbar tahun 2013, juara lomba berturit turut pada ajang Festival Seni Budaya Melayu dan sejumlah prestasi lainnya.

“Dalam stetmennya Ratu maura Aqilla menyatakan Saya siap mengangkat serta memperkenalkan potensi kepariwisataan Kabupaten Melawi, dan siap mendukung program kepariwisataan pemerintah daerah, sehingga khalayak mengetahui dan berwisata ke daerah kita,” ujar duta Pariwisata Melawi yang baru, Ratu Maura Aqila.

Dalam pidatonya Bupati Melawi, Panji berharap pemillihan Putri Pariwisata Indonesia Kabupaten Melawi 2019 mampu mendukung Wonderful Kalimantan Barat 2020 dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Maju, Mandiri dan Sejahtera sesuai visi pembangunan pemerintahannya, sekaligus mengangkat potensi-potensi pariwisata daerah.

Pasalnya di Kabupaten Melawi ini memang masih banyak sekali potensi pariwisatanya.

“Sehingga kita butuh duta-duta pariwisata yang diharapkan dapat mendongkrak sektor pariwisata tersebut baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional,” ungkap Panji.

Selain disaksikan langsung Bupati Melawi, Panji, malam grand final pemilihan Putri Pariwisata Indonesia tampak hadir Ketua Tim Penggerak PKK Melawi, Nurbetty Eka Mulyastri Panji, Kepala Dinas Pemuda Dan Olah Raga, dan kepala SKPD dilingkungan Pemkab Melawi. 

Penulis : Fransiskus Andut,S.Pd

  • 1
  • 2